Breaking News
recent

Cara Membuat Slime Dengan Shampo Dan Garam Mudah

cara membuat slime dengan shampo dan garam


Hobzz.com - Cara Membuat Slime Dengan Shampo Dan Garam. Halo sobat semua, hari ini hobzz akan membahas langkah-langkah membuat slime dengan bahan yang terbilang cukup mudah dan gampang didapatkan, pasti bahannya sudah ada di rumah teman-teman sekalian. Yap, kali ini kita akan membahas cara membuat slime dengan shampo dan garam. Bagaimana? pasti teman-teman sudah memiliki bahan tersebut kan di rumah? 

Biasanya, slime dibuat dengan banyak bahan, dan tidak jarang juga kita kesusahan mencari bahan untuk pembuatan slime tersebut. Nah apa reaksi teman-teman ketika mendengar bahwa slime juga ternyata dapat dibuat dengan hanya menggunakan shampo dan garam saja? Jujur saya sendiri kaget, apakah bisa membuat slime dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan tersebut.

Akhirnya, daripada penasaran, saya mencoba membuat slime dengan menggunakan bahan tersebut, yakni shampo dan garam. Daaaan, taraaaa, ternyata memang bisa teman-teman ! Dan cara membuat slime dengan shampo dan garam pun terbilang cukup mudah.

Mari kita simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Membuat slime dengan shampo dan garam sudah tentu kita membutuhkan kedua bahan tersebut. Selengkapnya, bahan-bahannya adalah sebagai berikut:


  • Shampo (teman-teman dapat menggunakan shampo merk apapun, namun jika ingin lebih kental teman-teman dapat menggunakan shampo merk Dove atau Pantene agar lebih kental)
  • Garam (Nah, untuk garamnya, teman-teman sebaiknya menggunakan garam halus agar nanti ketika proses pembuatan slime nya menjadi lebih mudah tercampur antara garam dan shampo)
  • Slime aktivator, atau alternatifnya teman-teman bisa menggunakan obat sariawan GOM yang banyak dijual di apotek. Kalai kesulitan mencarinya, teman-teman bisa meminta bantuan orangtua untuk membelikannya.


Setelah teman-teman mempersiapkan bahan-bahannya, selanjutnya persiapkanlah wadah plastik dan pengaduk sebagai alatnya. Kemudian, terapkan cara membuat slime dengan shampoo dan garam sebagaimana langkah-langkah yang telah saya jabarkan berikut ini.

  • Pertama, tuangkan sekitar 4 sendok makan shampo ke dalam wadah yang telah dipersiapkan, kemudian masukkan 2 sendok garam halus. Aduklah agar garam menyatu rata dengan shampo. Pengadukan garam dan shampo akan membuat shampo menjadi kental.

  • Kemudian, tambahkan slime activator sekitar 1 sendok makan ke dalam adonan. Penambahan slime activator bertujuan agar slime nantinya stratchy, kenyal, dan tidak mudah patah.

  • Terakhir, masukan adonan ke dalam lemari es kurang lebih selama 20 menit.

Slime dari shampo dan garam pun jadi dan siap dimainkan.

cara membuat slime dengan shampo dan garam


Tips Membuat Slime dengan Shampo dan Garam

Slime yang dibuat dengan menggunakan metode di atas sebenarnya juga memiliki beberapa kekurangan. Selain tidak awet, ia akan mudah mencair jika dibiarkan terlalu lama, dan selain itu akan sering terasa lengket.

Namun jangan bersedih, cara membuat slime dengan shampo dan garam di atas telah hobzz sesuaikan dengan beberapa tips. Tips-tips ini hobzz temukan dari eksperimen sederhana yang hobzz lakukan.

Tips pertama, slime terasa lengket, teman-teman dapat menambahkan baby oil ke dalam slime sekitar 3 sampai 5 tetes saja, kemudian aduk dengan menggunakan tangan. Jumlah baby oil tersebut sesuai dengan takaran shampo dan garamnya. Jika teman-teman membuat slime dengan shampo dan garam yang lebih banyak, maka minyak bayi yang ditambahkan juga harus lebih banyak.

Tips kedua, jika tidak mempunyai slime activator atau dalam proses pembuatannya teman-teman tidak menambahkan slime activator, maka slime yang dihasilkan akan berwujud seperti shampoo kental saja, yang tidak bisa dimainkan. Untuk itu, mau tidak mau, bila teman-teman tidak memiliki slime activator, harus menambahkan GOM (obat sariawan) atau Insto dan Rohto (obat tetes mata). Kedua bahan tersebut memiliki fungsi sebagai slime activator yang dapat mengenyalkan adonan slime.

Tips ketiga, bila slime ingin berwarna, tambahkan sedikit pewarna dalam proses pembuatan slime. Penambahan pewarna dilakukan saat proses pencampuran antara shampoo dan garam.

Tips keempat, jika slime tidak dimainkan atau dibiarkan di udara terbuka, ia akan kembali encer. Oleh karena itu, simpanlah ia dalam wadah tertutup atau lemari es saat tidak sedang digunakan.

Nah, itulah beberapa tips dan cara membuat slime dengan shampoo dan garam. Cukup mudah bukan? Sebagai catatan, karena slime yang dihasilkan dari cara ini terbilang kurang awet, saya cenderung lebih suka dengan slime yang dibuat dengan lem UHU. Slime yang dibuat dengan cara ini memiliki tekstur sangat baik, kenyal, stratchy, dan warnanya bening. Semoga bermanfaat!
arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.