Breaking News
recent

Cara Download Video Youtube



Hobzz.com - Cara Download Video Youtube. Halo sahabat hobzz dimanapun berada. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara download video dari youtube secara gratis. Ya, gratis tanpa syarat apapun. Siapa sih yang tidak kenal youtube, sebuah situs raksasa penyedia video terbesar. Bahkan, kabarnya youtube sekarang sudah menjadi mesin pencari kedua yang paling sering dipakai setelah Google. Yap, youtube juga adalah kepunyaan Google.

Nah, ketika kita menonton video di youtube, kita tentu kadang-kadang ingin menyimpan video tersebut di komputer atau di perangkat android milik kita, agar dapat kita saksikan setiap saat. Apalagi untuk yang kuota internet nya terbatas, biasanya streaming di tempat yang ada wifi-nya, akan tetapi setelah kembali ke rumah kita ingin menonton video itu lagi. Lalu bagaimana caranya? 

Jangan khawatir, hobzz akan menjelaskan secara rinci bagaimana cara download video youtube. Mulai dari cara download lewat komputer maupun lewat perangkat android.

Sebenarnya, youtube tidak mempunyai hak apapun atas video yang berada di server nya. Hak cipta video yang berada di youtube sepenuhnya berada pada pemilik asli video tersebut. Jadi apakah legal untuk mendownload video dari youtube secara gratis? Jawabannya tergantung. Tergantung dari apa? Yakni tergantung pada sifat hak cipta dari video tersebut.

Ada video yang memang pemiliknya memperbolehkan untuk disebarluaskan secara umum, ada juga pemegang hak cipta yang memperbolehkan hanya untuk kepentingan edukasi, yang penting bukan untuk kepentingan profit. Jadi legal atau ilegal nya mendownload video dari youtube tergantung dari sifat hak cipta pada video tersebut.

Nah, jika kita ingin mendownload sebuah video dari youtube hanya untuk koleksi pribadi dan tidak disebarluaskan, biasanya kebanyakan pemegang hak cipta tidak mempermasalahkannya, alias hal tersebut diperbolehkan dan legal.

Oke langsung saja kita menuju cara download video youtube nya :)

Kita akan membahas cara download video youtube dengan dua tipe, yakni melalui perangkat android dan melalui komputer/ laptop.

1. Cara Download Video Youtube Dengan Android.

Secara default, pada setiap aplikasi android telah disematkan aplikasi khusus untuk Youtube. Bahkan Youtube pun telah meluncurkan terobosan baru pada aplikasi berbasis android nya, yakni kemampuan untuk melakukan streaming tanpa memerlukan kuota. Yakni dengan menggunakan tombol stream offline. Dengan cara tersebut, video youtube dapat ditonton tanpa menggunakan kuota setelah kita mengaktifkan fitur streaming offline nya. Akan tetapi, permasalahannya adalah, tidak semua video mendapatkan fitur tersebut. Selain itu, stream offline tidak menyimpan video pada perangkat android kita, melainkan hanya menyimpan chache nya saja.

Nah alternatifnya adalah mendownload video youtube tersebut melalui perangkat android yang kita miliki. Untuk itu, kita membutuhkan aplikasi downloader youtube untuk android. Tidak banyak aplikasi yang beredar di google playstore yang dapat digunakan untuk mendownload video dari youtube, karena google sendiri memberi batasan agar video youtube tidak didownload secara ilegal terkait pembajakan. Namun kali ini kita akan membahas satu aplikasi yang menurut hobzz paling baik yang dapat dilakukan untuk mendownload video youtube dengan android, secara praktis dan sangat gampang.

Aplikasi tersebut adalah Dantex Youtube Downloader.

Pertama-tama download aplikasi dentex berikut ini : Dentex Youtube Downloader. Setelah itu, install aplikasi tersebut pada perangkat androidmu. Setelah terinstal, buka lah aplikasi youtube. Kemudian klik share, seperti gambar di bawah ini:

Credit: jalantikus.com


Setelah kalian klik share, maka akan muncul jendela baru, yakni jendela yang berisi aplikasi apa yang akan kalian pakai untuk share video tersebut. Tapi tenang, share yang akan kita lakukan bukanlah share video tersebut, akan tetapi menyimpan video tersebut dengan aplikasi dentex yang telah kita install. Setelah menekan tombol share maka akan muncul kotak dialog seperti berikut ini:


Nah, pilihlah Youtube Downloader. Setelah itu akan aplikasi dentex akan muncul, pada bagian ini lah kita akan mendownload video youtube dengan android milik kita. Dalam aplikasi dentex, kita dapat memilih kualitas video yang ingin kita download. Tentu saja, semakin bagus kualitas yang kita pilih, maka akan semakin besar pula ukuran file nya. Silakan pilih kualitas yang diinginkan seperti gambar berikut ini:


Kita dapat memilih format download video youtube seperti mp4 ataupun 3gp. Setelah sobat mengklik format dan kualitas yang diinginkan maka akan muncul kotak dialog untuk mendownload video, seperti berikut ini:


Silakan sobat klik tombol download here, maka proses download akan dimulai. Dan setelah selesai, video hasil download akan tersimpan pada dashboard aplikasi dentex:


Selesai sudah, video youtube yang ingin kita simpan sudah berhasil di download dan tersimpan pada perangkat android milik kita.

Bagaimana? cukup mudah kan mendownload video youtube menggunakan android? Oh iya, jika teman-teman mengalami kesulitan dalam melakukan proses instalasi dentex youtube downloader, jangan khawatir. Pada link download yang hobzz sediakan, juga sudah terdapat langkah-langkah proses instalasinya kok. Jika masih bingung, teman-teman dapat bertanya pada kolom komentar di bawah.

Itulah cara download video youtube dengan menggunakan android. Lalu bagaimana jika kita ingin mendownload video youtube menggunakan komputer/laptop. Tenang, kita juga akan membahas cara download video youtube dengan menggunakan perangkat pc.


2. Cara Download Video Dengan Menggunakan PC

Terdapat dua cara jika kita ingin mendownload youtube menggunakan perangkat komputer, yakni dengan menggunakan sistem download online, yang artinya kita tidak perlu lagi repot-repot mendownload program tertentu pada komputer kita. Dan yang kedua adalah menggunakan program/ software downloader.

Nah kita akan membahas kedua cara tersebut.

A. Cara Download Video Youtube Online

Terdapat banyak sekali situs yang menyediakan fitur download video youtube secara online. Namun setelah mencoba banyak situs, pilihan kami jatuh pada situs keepvid. Menurut kami, keepvid adalah situs yang sangat ringan dan cepat diakses, selain itu tidak banyak iklan yang bersifat menjebak di situs tersebut. Dan tentu, saja mendownload video youtube pada situs keepvid sangatlah mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkah mendownload video youtube secara online menggunakan situs keepvid.com:

Pertama-tama buka youtube dan copy lah url video yang ingin di download:



Setelah itu bukalah situs keepvid.com, kemudian paste url video yang telah kita copy tadi, kemudian klik tombol download:




Setelah menekan tombol download, maka kita akan dibawa menuju halaman tempat kita akan mendownload video yang kita inginkan tadi:


Teman-teman dapat mendownload videonya dengan meng-klik pada kualitas video yang diinginkan. Terdapat beberapa kualitas video dan format yang dapat dipilih. Setelah itu maka video akan terdownload dan tersimpan pada harddisk di dalam laptop/ komputer.

Download video youtube online tanpa software dengan menggunakan perangkat komputer ini terbilang cukup sederhana dan sangat mudah serta praktis. Namun, jika memang teman-teman ingin menggunakan aplikasi atau software tertentu untuk mendownload video youtube, maka teman-teman dapat menggunakan free instant youtube downloader, yakni aplikasi khusus untuk pengguna windows yang dapat digunakan untuk mendownload video youtube secara gratis.

B. Cara Download Video Youtube Dengan Aplikasi

Teman-teman dapat mendownload aplikasi tersebut secara gratis dan langsung lewat microsoft store, karena langsung pada situs microsoft nya, maka dapat dipastikan tidak ada virus maupun malware berbahaya.


Setelah berhasil mendownload, kemudian install aplikasi tersebut. Setelah itu bukalah free instant youtube downloader yang telah terinstall:


Teman-teman tinggal langsung saja mencari video youtube yang diinginkan pada kolom pencarian aplikasinya, misalnya seperti ini:



Setelah itu langsung saja klik video yang ingin di download, maka akan muncul kotak seperti berikut ini:



Perhatikan yang dilingkari, teman-teman tinggal menekan tombol tersebut. Maka video akan terdownload secara otomatis di laptop teman-teman. Tambahannya, teman-teman dapat juga mendownload audionya saja, jadi jika teman-teman ingin menyimpan video youtube dalam bentuk atau format mp3, maka dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi free instant youtube downloader. Artinya, teman-teman tidak harus repot-repot melakukan convert dari video ke audio lagi.

Hasil download akan tersimpan pada folder bernama free instant youtube downloader, terletak di dalam folder videos teman-teman.

Nah, sangat mudah kann cara download video youtube, baik memakai perangkat android maupun lewat komputer.

Sekian dari hobzz, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Jika masih ada yang kurang jelas, dapat ditanyakan melalui kolom komentar ya.

arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.