Breaking News
recent

Cara Membuat Dan Perpanjang SIM Online



Hobzz.com - Pada kesempatan kali ini hobzz akan membahas bagaimana cara membuat SIM online dan juga cara perpanjang SIM online. Pernahkah anda merasa galau dan bimbang ketika ingin membuat SIM (surat izin mengemudi), anda harus pulang kampung terlebih dahulu? Ya, cara membuat SIM konvensional memang mengharuskan pembuatan SIM dilakukan di tempat KTP terdaftar.

Akan tetapi, kita ucapkan selamat tinggal pada cara tersebut. Saat ini, pembuatan SIM sudah dapat dilakukan secara online. Syarat membuat SIM online juga sama dengan SIM konvensional, yakni sudah berusia 18 tahun ke atas. Bedanya, pemohon SIM online diwajibkan sudah memiliki e-KTP.

Cara membuat SIM online cukup mudah. Pertama-tama, pemohon SIM mendaftar terlebih dahulu secara online pada situs http://sim.korlantas.polri.go.id. Dalam situs tersebut anda akan diminta untuk mengisi data-data yang diperlukan untuk pembuatan SIM online.

Setelah itu, pendaftar SIM online melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM. Kemudian pendaftar mendatangi Satpas atau Gerai SIM keliling yang dipilih pada saat registrasi.

Setelah itu pihak kepolisian akan mengidentifikasi dan melakukan verifikasi terhadap data yang masuk, yakni data yang anda isikan pada saat registrasi secara online. Jika semua data sudah pas dan cocok, maka akan langsung diadakan ujian teori dan praktik, sama seperti saat pembuatan SIM biasanya.

Nah, apa yang menarik dengan cara membuat SIM online ini? satu hal yang paling terasa adalah, anda tidak perlu lagi repot-repot pulang kampung jika ingin membuat SIM atau memperpanjang SIM. Anda dapat melakukannya dimana saja di seluruh wilayah Indonesia.

Memang perpanjangan SIM secara online ini sudah diadakan dari dahulu, akan tetapi pembuatan SIM secara online ini adalah terobosan baru yang dilakukan oleh kepolisian republik Indonesia. 

Kapolri, Tito Karnavian, menegaskan bahwa, saat ini pembuatan SIM sudah dapat dilakukan di mana saja. "Enggak perlu lagi yang punya KTP Papua pulang kampung dulu, untuk bikin SIM baru ini bisa dilakukan di seluruh Indonesia" Ungkap Kapolri, Tito Karnavian.

Kapolri sangat berharap dengan adanya pembuatan SIM online ini, akan mengurangi tindak curang percaloan. Artinya, calo-calo SIM akan menjadi jauh lebih berkurang dengan diterbitkannya keputusan cara membuat SIM online.

Bagi yang ingin mengetahui lebih detail tentang cara membuat SIM online, dapat mengunduh file PDF berikut ini, resmi dari korlantas.

arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.