Breaking News
recent

Komik Webtoon buatan Indonesia yang Keren abis!



Hobzz.com - Webtoon adalah komik online yang dapat dibaca secara gratis dengan mengunduh aplikasi dari playstore atau dari website webtoon.com. Telah hadir di beberapa negara termasuk Indonesia. Line Webtoon sendiri adalah bentukan dari Naver Corp. di Korea Selatan. Bermula dari banyaknya penerbit yang gulung tikar karena masyarakat Korea Selatan lebih banyak membaca komik secara ilegal membuat Naver meluncurkan Naver Webtoon sebagai tempat komikus Korea untuk menyalurkan karyanya.
Indonesia sendiri tercatat sebagai pembaca Line Webtoon terbanyak, tentunya diimbangi dengan lahirnya komikus baru asli Indonesia yang berkarya di ranah komik digital tersebut. Pembaca Line Webtoon Indonesia rata-rata adalah kaum hawa, tak heran genre Romance merajai 10 komik populer versi Line Webtoon Indonesia. Namun bukan berarti hanya genre  romantis saja yang dibuat oleh para komikus Indonesia, beberapa karya yang terbilang memiliki kualitas profesional dari berbagai genre siap menghidupkan kembali perkomikan Indonesia yang selama ini kurang diminati. Setiap hari pukul 10 malam, para Webtooners sudah siap membuka aplikasi ini untuk membaca karya dari pengarang favorit mereka. Nah, kali ini tim Hobzz akan me-review komik buatan orang Indonesia yang kualitasnya diatas rata-rata dan sekiranya disarankan untuk diikuti. Yuk simak Komik Webtoon buatan Indonesia yang Keren abis!

1. Romance: My Pre-Wedding, Pasutri Gaje





Sekuel pertama yaitu My Pre-Wedding, bercerita tentang Adel yang tiba-tiba dilamar oleh lelaki yang tidak dikenalnya. Tapi semakin lama ia semakin tahu bahwa cowok itu sebenarnya tidak asal "tembak" karena ia adalah teman dari sepupunya. Daya tarik webtoon ini ada pada gambarnya yang menarik dan tokoh-tokohnya yang memiliki wajah rupawan, selain itu cerita yang lucu dan keseharian tokohnya yang "Indonesia banget" membuat My Pre-Wedding menjadi peringkat pertama di deretan 10 webtoon populer. Adalah Annisa Nisfihani, komikus dibaliknya. Berasal dari Kalimantan dan telah memiliki komik cetak pula yang dijual oleh Re:on.
Saking populernya webtoon ini, bahkan Annisa membuat sekuelnya: Pasutri Gaje (Pasangan Suami Istri Gak Jelas) yang sebenarnya sudah ia konsepkan di facebook miliknya. Namun untuk versi webtoon tentunya dengan gambar yang lebih berwarna, menarik dan cerita yang lebih lengkap dibanding versi facebook.
Tak butuh waktu lama untuk membuat webtoon ini kembali menjadi peringkat pertama. Terbukti sejak diterbitkan pertama kali selalu masuk top 10 bahkan peringkat 1, walau terkadang turun ke peringkat 2.




2.Komedi: Tahilalats

Bagi penggemar komik di instagram, pasti sudah mengenal komikus Nurfadli Musyid atau sering dikenal dengan komiknya, Tahilalats. Wajah komikusnya memang memiliki andeng-andeng atau tahi lalat di wajahnya, itulah yang menjadi ciri khasnya. Cerita Tahilalats berkisar komedi yang absurd yang tidak bisa ditebak alurnya pada awal cerita, tapi setelah panel terakhir baru pembaca bisa "Ohh begini toh maksudnya".
Terkadang komikus ini juga suka menyindir para pembaca webtoon yang hobinya "sok"mengambil pesan moral dari cerita tersebut. Padahal cerita ini mengandung komedi saja, tanpa bermaksud menggurui atau memberi pesan moral
Komik tahilalats juga kerap update di instagram dan facebook nya, tentu dengan cerita yang berbeda dengan versi webtoon. Kreatif!

3. Horor: Creep



Setelah tim webtoon Indonesia yang awalnya kebanyakan hanya mengambil genre Romantis dari webtoon challenge, lalu (akhirnya) memilih genre Horor, komik Creep dapat menjadi resmi. Pengarangnya, Ino Septian, cukup lihai membuat cerita horor yang singkat namun cukup membuat merinding. Awalnya hanya berupa gambar berwarna lalu pada episode-episode berikutnya mulai diberi efek gambar yang bisa bergerak, membuat Creep cukup populer. Ditambah lagi cerita menjadi seru karena ternyata ada kesenambungan pada beberapa cerita horor di dalamnya. Walau begitu pembaca baru Creep tidak perlu kebingungan karena sebenarnya webtoon ini tergolong One Shot Horror, yaitu cerita horor yang setiap episode tamat, walau ada beberapa cerita yang karena terlalu panjang jadi harus di split menjadi 2-3 episode.
 


4. Drama: 304th Study Room

Bermula dari "Keberuntungan" Desyca yang ditunjuk menjadi satu-satunya siswa dari sekolahnya untuk mengikuti OSN mewakili Riau. Ia juga menjadi perempuan satu-satunya dari tim Fisika, membuatnya berkenalan dengan para lelaki dari sekolah elit dan cukup populer diantara para siswi karena ketampanan mereka. Adalah Dirga yang "cantik", jenius, ketus namun sebenarnya menyimpan masa lalu kelam; Rey si anak Gubernur Riau yang berperilaku nakal demi mendapatkan perhatian orang tuanya; Juna penyuka anime namun sering memenangkan berbagai penghargaan sains; Benedict atau Bejo, keturunan bule yang mencintai Indonesia; serta 2 pembimbing mereka: Pak Zam dan Laoshi Yanjie yang masing-masing memiliki masalah tersendiri.
Tersaji dengan apik, menceritakan masalah satu persatu anggota tim sembari berjuang belajar demi meraih medali emas. Mereka belajar, bercanda dan bertengkar di dalam ruang kamar hotel yang dikhususkan untuk peserta OSN Fisika, yaitu kamar nomor 304, oleh karena itu nama webtoonnya adalah 304th Study Room. Kekuatan utama webtoon ini selain dari cerita adalah dari gambar yang tersaji. Gambarnya terlihat sangat rapi dan bahkan awalnya tim mengira ini adalah webtoon dari luar negeri. Felicia Huang selaku author benar-benar berbakat menghidupkan karakternya. Salut!


5. Fantasi: Nusantara Droid War

Webtoon Nusantara Droid War juga merupakan pemenang dari webtoon challange part I. Sebagai pemenang ketiga bukan berarti kualitasnya kalah dengan juara 1 dan 2, justru dari segi cerita Nusantara Droid War atau NDW memiliki keunikan yang lebih. Kedua pengarangnya terbilang memiliki imajinasi dan pengetahuan yang amat baik. NDW sendiri menceritakan mengenai game yang (ceritanya) sedang populer di Indonesia. Para pemain game ini memiliki karakter droid yang mereka ciptakan dari berbagai tokoh fantasi terkenal di Indonesia, misalnya Arjuna, Malin Kundang, Nyi Roro Kidul, bahkan Tuyul sekalipun!
Nah para pemilik droid ini saling bertarung dalam event kejuaraan yang diselenggarakan. Keseruan dari pertarungan para tokoh droid menjadi daya tarik webtoon ini, ditambah beberapa misteri yang belum terungkap dari game tersebut, membuat NDW layak untuk diikuti!
Noviana Raharjaningtyas

Noviana Raharjaningtyas

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.