Breaking News
recent

Tips Agar ponsel Android Terhindar dari Malware atau Virus Berbahaya



Hobzz.com - Ponsel android telah menjamur ke berbagai kalangan, dari anak muda hingga orang tua menggunakan berbagai fasilitas ponsel pintar tersebut untuk menunjang aktivitas mereka. Untuk menggunakan berbagai aplikasi yang terdapat dari perangkat tersebut, pengguna diharuskan mengisi beberapa profile seperti email. Tak ayal, data-data personal seperti nama, kontak teman-teman bahkan pekerjaan dan status "tersimpan" dalam ponsel tersebut. Mau tak mau, pengguna android harus memiliki "pertahanan" agar data di dalamnya tidak sampai bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut tips untuk menjaga data dalam ponsel android agar terhindar dari virus atau malware berbahaya.

Tips Agar ponsel Android Terhindar dari Malware atau Virus Berbahaya

1.  Mendownload Aplikasi dari halaman terpercaya
 Cara yang pertama adalah mengunduh aplikasi yang sudah terkenal aman yaitu Google play store. Namun, anda juga diharuskan waspada dengan aplikasi yang diprogram untuk spyware. Wajib untuk memperhatikan dengan benar permission access yang terlihat saat anda ingin mendownload aplikasi. Misalkan ada permintaan izin ke tool yang sekiranya tidak aman, segera cancel.


2.  Download Antivirus terpercaya
 Mengunduh aplikasi antivirus terpercaya merupakan salah satu cara memastikan bahwa perangkat Android tetap aman. Beberapa nama antivirus terpercaya misalnya McAfree, Avast, Kaspersky dan lain-lain. Perlu diingat pula untuk memasang dengan versi paling terbaru agar berfungsi maksimal.

3. Berhati-hati ketika menggunakan Wifi Publik
 Mendengar kata "gratis" tentu membuat semua orang tertarik untuk menggunakannya. Apalagi jika itu berhubungan dengan Wi-fi. Namun perlu diketahui bahwa Wi-fi sangat sering digunakan oleh hacker untuk masuk dalam sistem. Pastikan wifi publik tersebut aman dan jangan lupa untuk mengaktifkan VPN saat menggunakan koneksi publik tersebut, dengan tujuan melindungi data ketika perangkat menerima dan mengirimkan data via enkripsi.

4. Selalu update sistem operasi 
 Jangan lupa untuk mengecek dan memastikan bahwa andriod yang digunakan sudah menggunakan sistem operasi yang paling terbaru. Mau tak mau android anda butuh perlindungan yang lebih optimal, dapat diketahui dari pemberitahuan untuk update sistem operasi. Jika ada notifikasi dari google untuk update tersebut segera diinstal, karena disertai dengan perbaikan bug untuk memastikan perangkat lebih aman.
Noviana Raharjaningtyas

Noviana Raharjaningtyas

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.