Breaking News
recent

Mesin Canggih yang Berfungsi Menyetrika dan Melipat Pakaian Seharga 9 Juta!



Dewasa ini, banyak peralatan yang memudahkan manusia untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Anda pasti sudah familiar dengan mesin cuci, dimana kita tidak perlu lagi mencuci secara manual dengan tangan lalu memerasnya. Kebanyakan jenis mesin cuci sudah dilengkapi dengan pengering sehingga pemilik tinggal menjemur lalu menyetrika pakaiannya saja. Lalu bagaimana jika kita bahkan tidak punya waktu untuk menjemur dan menyetrika pakaian? Inovasi baru dari perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat, Foldimate, meluncurkan robot untuk dapat menggantikan tugas tersebut.


Mesin setinggi satu meter itu seakan dapat “memakan” berbagai macam pakaian yang kusut lalu mengeluarkannya kembali secara rapi telah terlipat dan juga wangi. Pada awalnya setelah pakaian “ditarik” oleh mesin, Foldimate akan mendeteksi jenis pakaian tersebut.  Robot ini juga memiliki nampan yang berderet dan masing-masing dapat menjepit pakaian di luar mesin sehingga pakaian dapat terlipat. Kerutan di pakaian juga dilicinkan dengan diuapi saat akan keluar dari mesin tersebut. Perusahaan yang membuatnya mengatakan hanya butuh sekitar 10 detik untuk melipat setiap pakaian dan dapat menyimpan 15-20 potong item dalam waktu bersamaan. Setelah semua proses selesai, pakaian-pakaian tersebut akan dilepaskan dari mesin dengan rapi bertumpuk. Kelemahan robot ini tidak dapat melipat pakaian dalam dan bahan yang berukuran besar seperti linen.


Untuk pengembangan mesin ini, tim peneliti robot berpengalaman telah mencurahkan waktu dan tenaganya selama beberapa waktu. Meskipun dengan konsep sederhana mesin ini dibanderol dengan perkiraan harga sekitar USD 700 (IDR 9.300.000) dan USD 850 (IDR 11.300.000). Versi komersial telah ada sejak tahun 2014, namun pre-order untuk versi penggunaan rumah tangga baru akan dirilis tahun 2017. Peminatnya sendiri sudah banyak yang mengantri, lebih dari 11.000 orang telah mendaftar pada web perusahaan.
Noviana Raharjaningtyas

Noviana Raharjaningtyas

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.