Breaking News
recent

Ciri dan Cara Mengetahui Penipuan Lowongan Pekerjaan


Hobzz.com - Dewasa ini memang kian marak berbagai bentuk penipuan, mulai dari "gendam" saat di jalan, penipuan kecelakaan via telepon dan bahkan yang parah penipuan lowongan pekerjaan. Sudah tahu sedang membutuhkan pekerjaan tapi malah dipaksa untuk mentransfer sejumlah uang. Duh!
Nah, bagi pencari kerja, supaya tidak tertipu dengan modus penipuan seperti itu, tim Hobzz.com akan membahas Ciri dan Cara Mengetahui Penipuan Lowongan Pekerjaan baik itu via broadcast message (pesan berantai) atau website palsu.

Ciri khas lowongan pekerjaan yang patut dicurigai:
1. Mencantumkan Gaji yang akan didapat
Tidak mungkin perusahaan akan membocorkan jumlah gaji yang akan diterima, karena itu sendiri merupakan rahasia dari perusahaan. Apalagi sampai mencantumkan secara detail jumlah gaji pokok, uang transport, bonus, dll. Duh mustahil! Kecuali kalau perusahaan itu benar-benar sebuah perusahaan..

2. Alamat dilacak dan tidak sesuai
 Di broadcast tercantum Kantor berada di ruko, tapi saat dicari di internet perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar yang berpusat di perkantoran. Wah patut dicurigai tuh!

3. Menggunakan domain web gratis atau tidak resmi
Biasanya diminta membuka alamat web dengan berakhiran ".blogspot.com" atau ".wordpress.com" dan domain gratis lainnya. Tapi walau menggunakan ".com" juga harus di cek kebenarannya, apalagi kalau itu perusahan milik negara (BUMN) harusnya ".go.id". 


4. Diminta untuk memberikan sejumlah uang dengan berbagai alasan
"Sebelum berangkat anda diminta untuk menghubungi travel xxx, karena travel itulah yang menjadi partner resmi." Mustahil! ketika peserta rekrutmen mengikuti tes seharusnya dibebaskan mau menggunakan armada transportrasi kereta, pesawat bahkan becak sekalipun. Yang penting mereka datang dan tes, pihak rekrutmen tidak akan memikirkan sampai sejauh itu.

5. Biasanya sudah tersebar di berbagai forum
Terutama di kaskus, atau forum diskusi lain, perusahaan atau alamat perusahaan yang palsu pun akan tercantum

Cara Terhindar dari Penipuan Lowongan Pekerjaan:

1. Cek detail lowongan
Yuk mulai mengecek apakah ciri-ciri diatas ada yang sesuai dengan broadcast yang baru kamu dapat, kalau sudah terlanjur lebih baik kamu beritahu orang yang telah kamu kirimkan broadcast tersebut

2. Cek Alamat Perusahaan apakah sesuai
Mulai rajin searching alamat kantor resmi dari perusahaan yang kamu daftar, kalau tidak sesuai coba telepon nomor yang tercantum di internet (nomor kantor pusatnya ya! bukan yang dari broadcast) biasanya mereka secara terbuka akan memberitahu jika itu penipuan.

3. Cek domain tersebut apakah gratis atau tidak resmi
Sudah cek website resminya? yakin? mulai bertanya pada teman-teman yang mungkin sudah bekerja disana. Dan jika tidak bertanya saja pada netizen di forum diskusi inernet. Pasti mereka pada tahu jika domain tersebut asli atau palsu

4. Cek dengan kata kunci "Perusahaan (nama perusahaan) penipuan" atau "(alamat perusahan yang tercantum) penipuan"
Nah ini yang paling manjur! Korban-korban sebelumnya yang telah (atau hampir) tertipu tidak akan tinggal diam, jadi mereka pasti akan menyebarkan detail perusahaan, alamat, nomer telepon, email dan modus yang digunakan.

Jadi selalu waspada ya!
Noviana Raharjaningtyas

Noviana Raharjaningtyas

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.