Breaking News
recent

Cara Memakai Contact Lens Pertama Kali (Pemula)



Hobzz.com - Cara Pakai Contact Lens Pertama Kali. Contact lens atau dalam bahasa indonesia disebut dengan nama lensa kontak, adalah sebuah alat yang sebenarnya diperuntukkan sebagai pengganti kacamata. Jadi, kita tidak harus menggunakan kacamata, akan tapi dapat menggunakan contact lens. Akan tetapi, pada masa sekarang ini contact lens bukan saja diperuntukkan sebagai pengganti kaca mata akan tetapi sebagai mode juga. Bagaimana tidak, contact lens hadir dengan berbagai macam pilihan warna yang dapat membuat penggunanya terlihat tambah menawan, terutama wanita.

Jika anda baru pertama kali ingin mencoba menggunakan lensa kontak, tentu anda tidak boleh sembarangan begitu saja menggunakannya. Anda perlu memahami bagaimana cara memakai lensa mata untuk pemula. Cara pakai contact lens pertama kali ini sangat perlu diperhatikan, karena dalam hal ini kita berbicara tentang mata dan kesehatan mata kita sangat sensitif. Anda tentunya tidak ingin akibat memakai lensa mata justru malah membuat mata anda menjadi sakit.

Cara memakai lensa mata yang baik dan benar sesungguhnya tidak susah, ya dapat dikatakan gampang-gampang susah juga sebenarnya. Begitu juga sebaliknya, cara melepas lensa mata juga tidak susah kok asalkan anda tidak terburu-buru dalam melakukannya.

Berikut ini yang dapat teman-teman lakukan jika baru pertama kali memakai contact lens. Pertama-tama, anda harus memastikan bahwa anda memiliki obat tetes mata. Ini nih, obat tetes mata wajib dimiliki bagi pengguna lensa mata. Mata kita adalah organ yang sangat sensitif, dan kontak lens adalah benda di luar organ yang akan kita tempatkan pada permukaan bola mata. Dengan adanya obat tetes mata, mata kita dapat merasa lebih nyaman dan tidak perih saat memakai kontak lens. Selain itu, obat tetes mata digunakan untuk membersihkan kontak lens, tentunya kita tidak mungkin membersihkan contact lens dengan air bersih kan?

Satu hal yang perlu diingat, jangan sampai tertukar antara contact lens untuk mata sebelah kiri dan untuk mata sebelah kanan ya, karena struktur kedua bola mata kita tidak persis sama akan tetapi berbeda. Maka dari itu jangan sampai tertukar mana contact lens mata sebelah kiri dan mana yang sebelah kanan.

Berikut ini langkah memakai contact lens bagi pemula. Pastikan tangan anda sudah bersih dan higienis terlebih dahulu. Anda dapat mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Setelah itu, letakkan lensa pada ujung jari. Ketika akan meletakkan kontak lens pada bola mata, jangan sampai berkedip. Hal ini dapat dilakukan dengan menahan mata berkedip menggunakan tangan yang satunya lagi.

Setelah itu, cobalah secara perlahan untuk menempatkan lensa mata pada selaput mata anda. Namun begitu, sebagai pemula anda sebaiknya tidak langsung meletakannya pada selaput mata akan tetapi agak ke bawah sedikit. Hal ini dilakukan agar letak atau posisi contact lens posisinya benar. Cukup dengan berkedip saja, letak kontak lens akan benar dengan sendirinya setelah anda meletakannya pada bola mata anda.


Pada saat anda pertama kali memakai lensa mata, anda akan merasa seperti ada sesuatu yang janggal di mata anda. Nah untuk itu mata memerlukan adaptasi. Dalam hal ini mata akan berusaha mengeluarkan cairan untuk mencegah iritasi ketika memakai contact lens. Namun pada saat anda baru pertama kali memakai kontak lens, anda dapat memakai obat tetes mata jika ata takut mata anda akan menjadi iritasi. Percayalah, bahwa iritasi tidak akan terjadi, tentunya juga dengan memilih produk kontak lens yang bagus dan berkualitas.

Seiring waktu, anda akan terbiasa untuk memakai kontak lens. Dan mata anda akan segera beradaptasi dengannya. Setelah itu anda tidak akan merasakan keanehan seperti pertama kali memakai contact lens, karena mata anda sudah terbiasa.

Jika anda sewaktu-waktu kembali merasakan ada yang aneh atau janggal, maka anda sebaiknya memeriksa contact lens anda, bisa jadi terjadi keretakan pada kontak lens. Periksalah dan kemudian jika memang terjadi keretakan, jangan dipakai lagi, anda harus membeli kontak lens yang baru.

Itulah cara memakai kontak lens bagi pemula yang dapat kami bagikan. Bagi pemula, memang akan terasa sedikit menakutkan, tapi percayalah memakai kontak lens tidak seseram itu kok. Dant tentunya banyak pilihan warna kontak lens yang dapat digunakan untuk menambah kesan penampilan anda.

arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.