Breaking News
recent

Agar bekerja lebih Produktif, Inilah Hal yang Harus Dihindari


Hobzz.com - Saat anda bekerja, banyak pikiran, keperluan dan tugas yang harus diselesaikan. Untuk beberapa orang rangkaian tanggung jawab tersebut membuat kebingungan dan akhirnya tidak bekerja dengan maksimal. Agar bekerja menjadi produktif, ada beberapa hal yang perlu dihindari, berikut tips dari tim  Hobzz.com

1.  Bergosip
 Bergosip atau membicarakan artis bahkan orang tertentu di kantor memang menyenangkan, bahkan membuat kecanduan karena bahan pembicaraan yang ringan dan tidak membuat stres. Eits tapi efek negatifnya cukup banyak lo, selain waktu seakan "terbuang" percuma karena membicarakan hal yang tidak ada hasilnya, hubungan dengan rekan kerja terutama dengan orang yang dibicarakan juga akan menjadi awkward.
Mulai kurangi waktu bergosip yuk!
Sering lihat kan karyawan yang paginya bergosip, eh, sorenya lembur karena tugasnya tidak terselesaikan dari awal, bahaya!
  
2. Membuka media sosial
Nah ini nih yang sering membuat candu, kadang kita tergoda melihat timeline BBM, Path, Facebook, Intagram dan tanpa sadar sudah 1 jam berlalu tanpa ada progress apapun dari pekerjaan kita. Memang pada awalnya hanya berniat cek sedikit, tapi toh coba instropeksi: pernah tidak saat ingin menghubungi sesorang via medial sosial lalu tergoda mengecek timeline dan akhirnya lupa siapa yang mau dihubungi apa yang tadi mau dibicarakan? Duh!

Saran tim Hobzz, mending saat masuk kantor log-out semua media sosial yang sekiranya "menggoda" untuk dibuka.
 
3. Melihat email begitu ada notifikasi
Saat lagi asyik membuat laporan, tiba-tiba notofikasi email di handphone berbunyi, langsung cek, balas email (itupun kalau ternyata buka email promosi atau mailist yang tak perlu dibalas) lalu saat dihadapkan pada laporan kembali lupa mau merangkai kalimat apa. Pernah? Hmmm


Tampaknya harus dikurangi kebiasaan ini. Memang terkadang kita sedang menunggu email penting dari klien, tapi tidak setiap waktu mengecek email bukan? Coba jadwalkan tiap berapa jam harus mengecek email supaya tidak kelewatan email penting tanpa harus mengganggu pekerjaan lain.
  
4. Terus memegang HP
Lagi diajak bicara rekan, tapi kitanya asyik menunduk sambil membuka handphone. Lagi mau ke wc tetap membawa hp. Entah membuka media sosial, email atau hanya gallery sekalipun pokoknya hp harus selalu di tangan. Hmmm, hal ini harus dihindari ya, karena selain membuat kita menjadi sangat "tergantung" pada ponsel pintar tersebut sosok kita yang seakan tidak peduli dunia sekitar juga membuat penilaian buruk lho! Belum jika bos tiba-tiba hanya lewat tapi melihat kita sedang asyik melihat hp, bisa-bisa performa kita diturunkan, duh!

5. Menunda pekerjaan
Hal ini lah yang menjadi momok utama, akar permasalahan dari ketidakproduktifan seorang pekerja: Menunda pekerjaan. Entah dikarenakan berbagai macam hal, efek menunda pekerjaan bisa menjalar ke berbagai hal, termasuk ke divisi lain yang erat hubungannya dengan pekerjaan kita. Bahkan parahnya mungkin saja kita lupa untuk mengerjakan tugas dari atasan kita tersebut. Terus bagaimana dong? Buat timeline apa yang harus dikerjaan hari ini, tugas apa yang tadi diperintahkan, jadi saat kita menyelesaikan 1 tugas langsung teringat tugas lain yang seharusnya sudah menunggu untuk dibereskan.

Happy working!  
Noviana Raharjaningtyas

Noviana Raharjaningtyas

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.