Breaking News
recent

Cara Membuat Daftar Isi Di Word 2010



Hobzz.com - Cara Membuat Daftar Isi Di Word 2010. Ketika kita ingin membuat suatu tulisan, baik itu berupa tulisan ilmiah untuk tugas kuliah atau sekolah, maupun membuat tulisan mengenai laporan dan lain-lain, kebanyakan dari kita menggunakan microsoft word, mulai dari versi word 97, sampai dengan word 2010 dan 2013. Nah, tak jarang kita mengalami kesulitan ketika ingin membuat daftar isi. Alhasil, kita membuat daftar isi dengan cara manual, yakni dengan mengetikkan titik-titik untuk membuat daftar isi.

Tentu saja hasil yang didapatkan dengan cara manual tersebut juga kurang memuaskan. Kadang-kadang tulisan dalam suatu halaman menjadi tidak simetris atau lebarnya tidak seimbang. Bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft word 2010 ?

Kali ini admin akan membagikan cara membuat daftar isi titik-titik otomatis di microsoft word 2010. Well, sebenarnya cara membuat daftar isi titik-titik otomatis ini tidaklah begitu berbeda walaupun pada versi-versi microsoft word yang lain.

Langkah-langkah untuk membuat daftar isi di word 2010 adalah sebagai berikut:

1. Buka program microsoft word 2010 yang anda miliki. Pastikan terlebih dahulu ruler pada settingan microsoft word 2010 sudah aktif. Ruler yaitu garis-garis di atas batas kertas. Jika belum aktif, aktifkan ruler dengan cara klik VIEW, kemudian beri centang pada RULER.


2. Setelah settingan di atas selesai, mulailah mengetikkan daftar isi pada paragraf pertama. Selanjutnya, pada paragraf kedua ketikkan daftar isi yang ingin anda buat. Untuk settingan awal, ketikkan satu daftar isi saja dulu untuk settingannya.

3. Setelah itu, posisikan cursos pada judul yang telah anda buat, dan klik satu kali pada area putih ruler untuk memunculkan  "L" pada ruler. Di sini kita membutuhkan dua buah tanda "L" tersebut, maka klik sekali lagi area ruler untuk memunculkan 2 "L". 



4. Setelah itu, klik 2 pada salah satu "L" pada ruler untuk memunculkan jendela TABS.



Berikut ini settingan pada TABS

- Tab stop positions & Default tab stop diabaikan saja
- Alighnment klik right
- Tab leader pilih 2......
- klik tombol set
- Ok

4. Setelah settingan pada TABS selesai, maka pastikan bahwa salah satu tanda "L" menjadi terbalik. Secara otomatis hal tersebut akan terjadi jika anda sudah melakukan settingan pada tabs.

5. Posisikan mouse/cursor pada judul daftar isi, kemudian tekan tombol tab yang ada pada keyboard komputer atau laptop anda. Secara otomatis, titik-titik akan muncul sampai pada batas L terbalik yang telah anda buat.



6. Untuk memunculkan nomor, tekan tombol tab sekali lagi, dan silakan ketik nomor yang anda inginkan.

catatan: Anda dapat mengubah-ubah posisi L sesuai keinginan anda, sesuai dengan lebar daftar isi otomatis di word yang ingin anda buat. "L" terbalik adalah penanda sampai mana titik-titik tersebut, sedangkan "L" adalah penanda, nomor halaman yang anda buat.

Selanjutnya anda tinggal mengetikkan judul dari daftar isi yang anda inginkan, kemudian ketik tab, maka otomatis daftar isi titik-titik otomatis pada word akan muncul dengan sendirinya.

Itulah tutorial singkat mengenai cara membuat daftar isi di word 2010 yang dapat anda praktekkan, semoga dapat memberikan manfaat. Dan jangan lupa untuk mengunjungi blog ini terus ya. Silakan di share jia dirasa bermanfaat.


arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.