Breaking News
recent

Tips untuk yang Pertama Kali ikut Psikotes Kerja



Yap, daripada galau karena besok adalah pertama kalinya kamu diundang psikotes, mending baca-baca artikel HOBZZ aja, hehehe. Why? Karena di tim hobzz  mau berbagi info gimana sih biar psikotes berjalan lancar



1.       Jangan panik
Santai saja, tidak usah terlalu terpacu oleh target. Psikotes itu selain menilai daya tangkap seseorang, juga menilai kepribadian seseorang loh, jadi saat tes harap dijaga sikapnya. Jangan pernah mencoba untuk berbuat curang, karena ada juga tim pengawas dari pelaksanaan psikotest ini, sekali berbuat curang alamat nama kamu dicatat deh.

2.       Jangan belajar
Benarkah? Yap, benar banget. Hasil yang didapat saat belajar sebelum psikotest malah membingungkan tim seleksi. Karena psikotest sendiri merupakan rangkaian tes yang saling menkonfirmasi kebenaran tes satu sama lain. Jadi jika kalian belajar untuk tes A lalu saat tes B hasilnya berlawanan, tim seleksinya malah bertanya-tanya.
Dan curhat saja nih, ketika tim hobzz melihat hasil psikotes terlihat kok mana yang dibuat-buat hasil belajar mana yang alami.  Biasanya tim seleksi akan memberikan penilaian tersendiri bagi hasil tes yang terkesan “dibuat-buat”.

3.       Siapkan pakaian ternyaman kalian
Pakaian ternyaman yang dimaksud misalnya kemeja yang menyerap keringat, celana bahan yang tidak kekecilan atau kebesaran. Usahakan rapi, enak dipandang namun membuat nyaman kamu yang akan tes. Karena psikotes ini biasanya berlangsung dari pagi sampai siang, belum lagi jika tes nya dibuat seleksi gugur dalam 1 hari atau wawancara, bisa-bisa sampai sore baru selesai.

4.       Siapkan alat tulis lengkap
Apa aja alat tulis untuk psikotes? Standar saja, bolpoin (cek tintanya ya, soalnya kemungkinan butuh banyak menulis), pensil 2B, pensil HB, Penghapus, dan papan alas untuk jaga-jaga.

5.       Datang tepat waktu dan Sudah tahu lokasi tes
Kesan pertama untuk pelamar kerja: harus ontime. Baru tes awal saja sudah terlambat akan menjadi penilaian tersendiri bagi tim seleksi. Jadi usahakan H-1 sudah mengetahui lokasi ujian dan saat hari H perkirakan juga kemungkinan macet saat menuju tempat tes.

6.       Berdoa!
Tiada usaha yang bermakna jika tidak diiringi oleh doa kepada Sang Pencipta. Nah, supaya tes nya dilancarkan dan mendapat hasil terbaik, jangan lupa sebelum tes berdoa terlebih dahulu.

7.       Kalau jodoh pasti bertemu
Rejeki tidak akan kemana. Pepatah itu benar adanya, apakah yang dicari dari tim seleksi saat melakukan psikotes? Keseuaian. Kesesuaian antara calon pegawai yang diinginkan perusahaan dengan karakter pelamar. Jadi, saat psikotes buatlah apa adanya, agar “diri” yang sesungguhnya yang akan ditempatkan di posisi yang sesuai.
Noviana Raharjaningtyas

Noviana Raharjaningtyas

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.