Breaking News
recent

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat



Hobzz.com - Well, sekarang kamu sudah tamat SMA, selamat ya you gaessss. Masa putih abu-abumu sudah habis expired dan sekarang saatnya kamu dihadapkan pada sebuah dunia baru. Dunia yang masih dalam lingkup akademik, namun tentu saja sudah naik level. Selepas SMA, kamu sekarang berpikir apakah harus mencari pekerjaan atau memilih untuk melanjutkan ke tingkat universitas.

Jika kamu ingin melanjutkan ke tingkat universitas, maka kamu pasti juga masih akan dihadapkan pada pilihan ingin masuk ke fakultas dan jurusan apa. Memang, hidup ini tak lain dan tak bukan adalah kumpulan fragmen-fragmen yang terdiri atas pilihan-pilihan !

Selepas SMA, baik kamu berasal dari jurusan IPS maupun IPA, perguruan tinggi memberikan pilihan fakultas jurusan yang banyak. Nah, jika kamu bingung ingin mengambil jurusan apa, ada baiknya kamu ke dukun setempat, eh maksudnya ada baiknya kamu simak tips memilih jurusan kuliah yang tepat berikut ini.

1. Pilihlah Jurusan Yang Profitable

Jurusan yang kamu pilih nantinya, sedikit banyak menjadi faktor penentu saat kamu akan mencari pekerjaan. Jika jurusan yang kamu ambil adalah ilmu biologi, maka tentu saja kamu akan sangat kesulitan melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang tidak ada sangkut pautnya dengan biologi, misalnya pada perusahaan tambang. Jika ingin bermain tali tambang, eh jika ingin melamar pekerjaan di perusahaan tambang, sebaiknya kamu memilih jurusan teknik industri atau geologi/geografi.

Apa itu jurusan yang profitable? maksudnya adalah jurusan yang jika kamu ambil nantinya, kamu akan mendapatkan peluang bekerja lebih besar dengan gaji yang banyak. Untuk apa kamu kuliah? untuk mencari uang atau mencari ilmu?

Well, menurut saya, kuliah adalah untuk mencari pekerjaan/uang ! gak setuju? gak usah dibaca. Kalau hanya untuk sekadar mencari ilmu, google sudah menyediakannya, bahkan ilmu yang bisa kamu dapatkan di google lebih banyak tumpeh-tumpeh ketimbang ilmu yang kamu dapatkan di bangku kuliah, apalagi jika kamu kuliah cuman sama bangku-bangku tanpa ada dosennya, dijamin gak dapet apa-apa.

2. Pilihlah Jurusan Yang Kamu Sukai

Jurusan yang akan kamu ambil setelah lulus SMA, usahakan merupakan jurusan yang kamu cintai.

Mau tahu satu rahasia? cinta ternyata dapat engkau ciptakan. Walaupun pada dasarnya kamu tidak menyukai suatu jurusan, tapi jika jurusan itu profitable, maka berusahalah untuk mencintainya ya. 

Jadi intinya, poin kedua ini masih mengacu pada poin pertama.

3. Pilihlah Jurusan Yang Mampu Kamu Bayar

Sudah bukan rahasia lagi, pendidikan itu mahal ! setiap jurusan pun harganya berbeda-beda. Uang kuliah semakin naik, apalagi dengan sistem UKT, uang kuliah terasa sangat mahal. Bukan hanya terasa saja, tapi emang bener mahal kok.

Jadi, jangan mengambil jurusan yang biayanya mahal. Atau kalau memang jurusan yang mahal itu profitable, berusahalah mencari beasiswa agar orangtua kamu juga tidak terbebani dengan biaya kuliah kamu.

Pertimbangkanlah untung ruginya dalam mengambil suatu jurusan. Apakah modal kamu untuk kuliah nantinya akan kembali dengan cepat atau tidak.

Eitsss, jangan salah, dunia perkuliahan sekarang sudah komersil cuy, jadi kita juga harus berpikir komersil dong, jangan mau dibodohi perguruan tinggi.


Sekian cuap-cuap dari saya, semoga bisa menjadi rujukan, dan tolong di share ya artikel ini kalau memang bermanfaat :)

arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.