Breaking News
recent

5 Tips Kesehatan Mata Yang Perlu Anda Ketahui



Hobzz.com - Tips Kesehatan Mata. Tentunya kita semua sudah memahami betapa berharganya karunia Tuhan yang bernama mata. Mata adalah bagian yang sangat vital, dan merupakan indera yang sangat berharga. Kita tentu tidak ingin mengalami penyakit mata yang bisa diakibatkan oleh perilaku-perilaku kita yang tidak menjaga kesehatan mata kita.

Untuk itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips kesehatan mata yang dapat anda praktekkan untuk semakin menjaga kesehatan mata anda, dan terhindar dari berbagai gejala penyakit mata yang berbahaya.

Gejala penyakit mata seperti miopi maupun rabun jauh sebenarnya dapat kita hindari dengan cara-cara tertentu. Selain itu, gejala seperti rabun dekat, hipermetropi, dan bahkan katarak dapat disebabkan oleh perilaku kita yang tidak menjaga kesehatan mata.

Lakukanlah beberapa tips kesehatan mata sederhana namun bermanfaat di bawah ini untuk tetap menjaga kesehatan mata anda.

1. Kurangi Membaca Sambil Tiduran

Membaca buku memang hal yang sangat mengasyikkan, apalagi dengan membaca kita bisa mengetahui banyak informasi dan membuat otak kita semakin terlatih untuk berpikir. Membaca adalah aktivitas yang memang sangat baik untuk dilakukan. Pada zaman sekarang ini, membaca sudah tidak lagi terpatok pada buku teks semata. Akan tetapi, membaca pun dapat dilakukan melalui perangkat smartphone, laptop, ataupun tablet.

Nah, membaca buku dengan keadaan tiduran sebenarnya wajar-wajar saja. Akan tetapi jika dilakukan terus menerus dan berulang-ulang maka akan meningkatkan resiko gejala penyakit mata. Apalagi jika saat ini anda lebih senang membaca melalui perangkat elektronik, dimana cahaya radiasi yang dihasilkan oleh perangkat elektronik juga dapat membahayakan kesehatan mata.

Usahakanlah untuk membaca sambil duduk atau berdiri. Jika anda membaca sambil tiduran terlalu lama, maka efeknya adalah mata akan menjadi cepat lelah dan penat karena posisi badan anda bukan dalam posisi terbaik untuk membaca.

2. Membaca Di Tempat Yang Terang

Tips kesehatan mata yang satu ini menyarankan anda untuk membaca di tempat yang pencahayaannya cukup. Jangan sering-sering membaca di tempat yang redup atau pencahayaannya kurang.

Apalagi seperti yang telah disebutkan pada tips kesehatan mata pertama di atas, bahwa saat ini masyarakat sudah banyak yang membaca melalui perangkat elektronik. Nah, dengan membaca di tempat yang lebih terang, maka mata kita akan merasa lebih rileks dan tidak bekerja terlalu keras demi mendapatkan fokus cahaya.

3. Perawatan Mata Gatal

Mata yang gatal memang merupakan hal yang tidak kita sukai, dan tanpa sadar ketika mata kita gatal kita akan mengucek mata kita. Nah, ternyata perilaku mengucek mata tersebut tidak baik bagi kesehatan mata.

Kita tidak dapat mengontrol atau memprediksi kapan mata kita akan merasa gatal, baik karena kemasukan debu atau hal lainnya. Jika kita mengucek mata, apalagi dengan tangan yang kotor, maka mata kita juga akan beresiko terinfeksi oleh bakteri yang telah melekat pada tangan kita.

Jika memang anda ingin mengucek mata anda karena gatal, usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu atau gunakanlah hand-sanitizer.

4. Olahraga Atau Senam Mata

Rekan-rekan, tips kesehatan mata yang satu ini dapat memberikan efek yang cukup luar biasa dalam menjaga kesehatan mata kita. Bagaimana cara melakukan olahraga mata? caranya sangat gampang;

Pertama-tama, hangatkanlah tangan anda, hal ini dapat anda lakukan dengan menggosok-gosokkan kedua telapak tangan sampai terasa hangat. Setelah itu tempelkan kedua telapak tangan anda pada mata anda selama kurang lebih tiga detik. Lakukan hal tersebut secara berulang sebanyak minimal tiga kali.

Selanjutnya, putar bola mata anda, tapi ingat jangan terlalu ngotot memutarnya. Santai saja, putar bola mata anda sebanyak sepuluh kali berlawanan dengan arah jarum jam.

Setelah itu, cobalah untuk melatih fokus mata anda. Caranya gampang sekali, ambillah sebuah benda, bisa bola pingpong atau batu kerikil atau benda kecil lainnya. Pegang benda tersebut, dan berusaha fokus melihat benda itu. Kemudian, perlahan-lahan jauhkan benda itu dari hadapan anda sembari tetap berusaha fokus. Dekatkan kembali benda tersebut dengan tetap menjaga fokus, dan ulangilah sampai paling tidak sepuluh kali.

5. Makanan Untuk Kesehatan Mata

Nah, tips kesehatan mata yang satu ini adalah yang paling krusial atau paling utama. Tentu saja makanan yang kita makan akan berpengaruh dalam menjaga kesehatan mata kita. Makanan apa saja yang dianjurkan untuk kesehatan mata?

Makanan untuk menjaga kesehatan mata adalah makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E. Darimana kita dapat memperoleh makanan yang mengandung vitamin tersebut?

Makanan yang banyak mengandung vitamin untuk kesehatan mata banyak terdapat pada jenis sayur-sayuran dan buah-buahan, seperti misalnya apel, jeruk, paprika, wortel, dan pepaya.

Selain sayur dan buah, makanan untuk menjaga kesehatan mata juga banyak terdapat pada telur, bawang bombay, serta ikan salmon.


Itulah beberapa tips kesehatan mata yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita dapat mempraktekkan cara menjaga kesehatan mata tersebut agar mata kita tetap cerah dan fokusnya tetap terjaga.
arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.