Breaking News
recent

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya



Hobzz.com - Keyboard Laptop Tidak Berfungsi. Pada zaman serba canggih dan modern serta serba digital ini, siapa sih yang tidak menggunakan komputer atau laptop untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Ya, fungsi laptop sangat membantu untuk mengerjakan pekerjaan kantor maupun tugas sekolah.

Tak jarang ketika kita sedang membutuhkannya, laptop sering error atau ngadat dan hang. Salah satu tipe kerusakan pada laptop yang sering kita temui adalah keyboard laptop yang tidak berfungsi atau error. Gejalanya bisa macam-macam, seperti keyboard mati total, tombol keyboard tertukar huruf menjadi angka, dan juga tombol-tombol keyboard tidak berfungsi sebagian, seperti tombol fn, capslock, dan tombol windows.

Tentu kita merasa jengkel di saat kita akan mengerjakan tugas dan sangat membutuhkannya, keyboard laptop malah tidak berfungsi. Tak jarang kita malah terlalu cepat menganggap keyboard laptop rusak sudah tidak berfungsi sama sekali, dan malah kita ingin langsung membawanya ke tukang servis. 

Memang benar bahwa membawa keyboard ke tukang servis adalah hal yang penting dilakukan jika terjadi kerusakan pada laptop atau notebook milik anda. Namun, sebaiknya kita periksa terlebih dahulu, siapa tahu keyboard laptop tidak berfungsi bukan karena rusaknya pernagkat hardware, melainkan hanya masalah ringan pada softwarenya. Atau mungkin ada sesuatu yang nyangkut di sekitar bagian keyboard laptop anda.


Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi adalah dengan melihat gejala kerusakannya di mana, di bagian manakah fungsi keyboard laptop anda tidak bekerja dan error.


Jika gejala kerusakan atau error keyboard laptop yang anda alami adalah tertukarnya huruf dengan angka, hal tersebut kemungkinan besar karena tombol Num Lock pada keyboard laptop anda menjadi aktif, bisa jadi karena anda tidak sengaja menekannya. Bagaimana cara mengatasinya? Kalau di keyboard komputer kita bisa dengan gampang menemukan tombol Num Lock, namun pada keyboard laptop kita harus menekan dua buah tombol, yakni tombol Fn + F11. Sangat simpel bukan? kedua tombol tersebut adalah tombol pada keyboard laptop yang memiliki fungsi mengaktifkan dan menon-aktifkan Num Lock.

Pada jenis laptop tertentu mungkin untuk tombol Num Lock nya agak sedikit berbeda, bisa jadi Fn + F10 atau Fn+F12. Cara mengetahuinya adalah dengan melihat deretan tombol F (tombol yang terletak paling atas) pada keyboard leptop anda. Terdapat tulisan kecil yakni NumLk, yang menandakan tombol tersebut adalah tombol Num Lock.

Bagaimana jika Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dengan gejala aneh seperti membuka windows sendiri atau membuka program tertentu sendiri? Hal tersebut kemungkinan besar karena keyboard laptop anda nyangkut, artinya hal ini membuat salah satu tombol keyboard anda seolah tertekan terus menerus, nah itulah yang membuat laptop anda memberikan perintah-perintah yang tidak anda jalankan.

Cara mengatasinya adalah dengan mencoba menekan satu persatu tombol laptop anda. Atau melihatnya dengan seksama satu persatu. Perhatikan mungkin terdapat tombol yang tertekan atau nyangkut dengan sendirinya. Nah jika sudah ketemu, anda dapat mengembalikan posisinya dengan agak mencongkel tombol yang tertekan tadi, atau anda dapat membongkar laptop anda dan memperbaiki tombol laptop keyboard yang tertekan dari dalam.

Saran saya, kalau memang kerusakannya parah alias keyboard laptop mati total dan tidak berfungsi sama sekali, bawalah ke tukang servis terdekat. Konsultasikan permasalahan keyboard laptop anda dengan teknisi. Pastikan untuk memberikan detail kerusakannya. Dan jangan lupa, tanyakan di awal berapa kira-kira biaya perbaikannya atau penggantian perangkat bila memang dibutuhkan. Hal ini guna menghindari jikalau nanti tempat servis anda mematok harga terlalu mahal sementara laptop anda sudah diperbaiki. Dengan menanyakan harga di awal, anda dapat membandingkannya dengan harga servis laptop di tempat yang lain.
arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.