Breaking News
recent

Cara Membuat Slime Dengan Shampoo Gampang Dan Mudah



Hobzz.com - Cara membuat slime dengan shampoo. Kali ini tim redaksi hobzz akan membahas cara membuat slime dengan shampoo dan bahan lainnya yang mudah serta gampang didapatkan di sekitar kita. Oke, adik-adik mari kita simak penjelasan berikut ini ya, hehe.

Apa itu Slime

Slime adalah bahan kimia yang telah diproses sedemikian rupa sehingga memiliki tekstur kenyal dan lunak. Nah slime ini biasanya dimainkan oleh anak-anak. Slime dapat dibentuk menjadi berbagai macam benda, dan dimainkan hampir sama dengan memainkan plastisin.

Slime yang dijual di pasaran dibuat dengan menggunakan berbagai macam zat tertentu, salah satunya adalah dengan menggunakan slime activator dan juga dengan menggunakan borax. 

Cara membuat slime yang banyak dipraktekkan oleh orang Indonesia adalah dengan cara membuat slime dengan shampoo, membuat slime dengan lem fox dan lem uhu, membuat slime dengan sunlight, mama lemon, rinso, garam, tepung kanji, dan berbagai barang di sekitar yang lainnya.

Manfaat slime selain sebagai mainan anak yakni dapat digunakan untuk membersihkan benda-benda tertentu, misalnya kita dapat menggunakan slime untuk membersihkan laptop yang berdebu atau barang-barang lainnya.

Apakah Slime Berbahaya Bagi Anak ?

Menurut hemat penulis, pada dasarnya setiap zat kimia tertentu memang berbahaya bagi anak. Apalagi jika dalam kadar yang terlalu berlebihan, pasti akan berbahaya bagi kulit anak. Akan tetapi, jika kita membuat slime sendiri tentu resiko bahaya tersebut masih dapat ditolerir. Nah, kali ini Hobzz akan memberikan tutorial mengenai cara membuat slime dengan shampoo dan bahan lainnya yang mudah didapat.

Bagaimana Langkah Cara Membuat Slime Dengan Shampoo ?

Pertama-tama siapkan bahan-bahannya, terlebih dahulu. Berikut ini bahan-bahan jika ingin membuat slime dengan shampoo.

1. Air
2. Shampoo (boleh merk apa saja)
3. Lem Fox
4. Bedak
5. Pewarna Makanan
6. Baby Oil

Nah, setelah adik-adik telah mempersiapkan bahannya, sekarang kita siapkan alat yang dibutuhkan. Oh ya jika adik-adik ingin membuat slime dengan shampoo, maka takaran yang digunakan bisa disesuaikan dengan berapa banyak slime yang akan dibuat. 

Baca juga : Cara Membuat Slime Dengan Shampo Dan Garam

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat slime dengan shampoo adalah sebagai berikut:

1. Baskom/ atau alat apa saja yang dapat dijadikan sebagai wadah
2. Pengaduk (benda apa saja yang dapat digunakan untuk mengaduk)

Setelah semuanya siap, sekarang adik-adik tinggal mengikuti cara membuat slime dengan shampoo di bawah ini ya:

1. Siapkan bahan dan alat yang telah adik-adik persiapkan sebelumnya.

2. Masukkan shampoo ke dalam baskom, takarannya dibuat 1:1 saja (jumlah lem sama dengan jumlah shampoo)

3. Masukkan lem fox ke dalam wadah

4. Masukkan pewarna makanan, cara membuat slime dengan shampoo ini sebenarnya dapat dilakukan tanpa menggunakan pewarna makanan. Namun jika ingin membuat slime berwarna, tentu dapat menggunakan pewarna makanan yang aman.

5. Aduklah sampai merata sampai semua bahan untuk membuat slime bercampur menjadi satu.

6. Jika dirasa sudah kental, rendamlah hasil adukan tersebut selama kurang lebih lima menit saja.

7. Jika slime yang dibuat terasa lengket, teruskanlah proses mengaduk. Atau alternatif lainnya agar slime tidak lengket dapat menggunakan tepung atau bedak, serta ditambahkan sedikit baby oil.

8. Jika seudah kental, maka cara membuat slime dengan shampoo telah selesai. Congrats !

Penting: Jika adik-adik ingin membuat slime dengan menggunakan shampoo atau bahan-bahan lainnya, yang notabene adalah bahan kimia. Selalu mintalah orangtua, kakak, paman, bibi, atau orang yang lebih tua untuk turut serta membantu. 



arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.