Breaking News
recent

Bagian dari CV yang Menarik perhatian HRD




Saat melamar pekerjaan, tentu para pencari kerja mengumpulkan CV (curriculum vitae) kepada perusahaan yang dilamar. Bagian HRD (Human Resource Departement) atau mungkin bagian personalia-lah yang menyaring demikian banyaknya CV untuk dianggil tahapan test selanjutnya. Lalu apa saja yang biasanya dilihat oleh para HRD Perusahan dari CV yang terkumpul? Apa yang membuat mereka tertarik untuk memanggil orang tersebut untuk tahapan tes selanjutnya? Berikut yang tim Hobzz rangkum:

1.       Kelengkapan dan Kesesuaian data
a.       Kriteria yang dicari lulusan Teknik tapi pelamar dari jurusan lain, jelas CV tersebut akan langsung disingkirkan. Daripada kalian boros kertas CV tapi dibuang, sebaiknya baca baik-baik kriteria-nya ya. Boleh nekat untuk memasukkan CV “Siapa tau dilirik, usaha dulu lah!” tapi tidak semua perusahaan se-fleksibel itu soal kriteria calon karyawan, biasanya tim perekrutan sudah secara matang mempertimbangkan syarat apa saja yang sesuai untuk posisi yang dibutuhkan
b.      Pada CV tertulis lulus tahun 2013, tapi di Ijazah kok 2014? Duh, bisa-bisa HRD nya bingung dan mengira pelamar melakukan pemalsuan data. Teliti lagi CV dan lampirannya ya. Jangan mengira mereka tidak akan memeriksa, tim perekrutan dituntut untuk teliti soal data, bahkan mereka bisa membedakan Fotokopi SKCK asli dan yang dibuat di tempat tertentu.
c.       Cuma melampirkan CV karena sudah mengganggap didalamnya mengungkap tentang diri pelamar? Salah total. Semenarik apapun CV mu, mungkin dengan teknik desain tingkat dewa-pun, jika perusahan meminta melampirkan syarat tertentu, jangan lupa untuk mematuhinya. Tujuan dari lampiran CV itu untuk men-kroscek data yang tertulis di CV

2.       Pengalaman (Kerja, Organisasi, Kuliah)
Biasanya, tim rekrutmen HRD bakal melirik pelamar yang memiliki pengalaman yang sesuai. Eits, tapi pengalaman kerja yang Cuma 1-2 bulan itu justru menjadi poin tersendiri karena jangka waktu bekerja yang terlalu sedikit.
Belum punya pengalaman kerja? Jangan khawatir, pengalaman freelance, magang atau kegiatan semasa kuliah juga turut memberikan sumbangsih “daya tarik” CV kamu kok. Apalagi jika IPK kamu tinggi disertai kegiatan diluar perkuliahan, itu bakal menarik perhatian tim rekrutmen untuk menelisik dirimu lebih jauh.

3.       Foto
Benarkah foto berpengaruh? Antara ya dan tidak. Ya jika pekerjaan yang diminta membutuhkan penampilan menarik. Tapi tidak dengan persyaratan penampilan pun, usahakan foto kamu terlihat “layak” ya. Dengan pakaian rapi  dan wajah terlihat menyenangkan, tim rekrutmen bakal lebih tertarik untuk melihat CV mu

4.       Kerapihan CV
Mau diberi hiasan semenarik apapun, jika CV kamu terlihat penuh warna dan berantakan, tim hrd bakal berfikir 2 kali untuk memanggil kamu. Membuat CV yang dimodifikasi boleh saja, terlihat menarik memang, tapi buat yang gampang dibaca ya. Mau pakai tulisan tangan? BOleh saja, asalkan terlihat rapi sehingga tim rekrutmen tidak kesulitan untuk membaca keterangan dalam CV mu.
Noviana Raharjaningtyas

Noviana Raharjaningtyas

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.