Breaking News
recent

10 Cara Menghilangkan Stress Pikiran



Hobzz.com - Cara Menghilangkan Stress Pikiran. Bagaimana cara mengatasi stress yang ampuh tanpa memerlukan obat-obatan? Sebelum berlanjut membahas mengenai pertanyaan tersebut ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu stress.

Jika diterjemahkan secara harfiah, stress artinya tekanan. Baik itu tekanan secara fisik maupun tekanan mental, keduanya dinamakan stress. Itu jika kita mengartikan stress secara harfiah. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah arti stress dalam bahasa umum yang diketahui oleh masyarakat, yakni stress pikiran atau tekanan terhadap kondisi psikologis.

Stress adalah keadaan saat pikiran kita terbebani oleh suatu hal atau beberapa macam hal, yang kemudian membuat kita susah fokus. Tentu saja, dalam hitungan atau kadar tertentu stress adalah hal yang wajar, setiap orang mengalami stress. Namun jika sudah berlarut-larut tentunya akan sangat berbahaya. Untuk itu kita perlu mengetahui cara mengatasi stress pikiran.

Sebelum berlanjut membahas cara menghilangkan stress pikiran, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab stress serta bagaimana pola stress dapat terjadi.



Pola terjadinya stress adalah ketika otak kita memberikan perintah kepada seluruh bagian tubuh untuk bertindak dalam memberikan respon terhadap suatu hal yang baru saja kita hadapi atau yang baru saja terjadi. Oleh karena itu, tidak jarang stress membawa penyakit dan menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya. Hal tersebut dikarenakan tubuh juga mengalami tekanan sehingga menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit.

Dalam kajian ilmu psikologi, khususnya aliran behavioristik, perilaku manusia adalah respon terhadap stimulus yang diterimanya. Begitu juga dengan stress, stress adalah respon terhadap stimulus yang individu terima. Stress karena cinta, stress di tempat kerja, stress pikiran, stress belajar, semuanya merupakan respon terhadap permasalahan.

APA PENYEBAB STRESS ?

Ada banyak sekali faktor penyebab stress. stress dapat diakibatkan oleh kondisi ekonomi yang sedang goyah, stress disebabkan juga oleh situasi kerja yang berlebihan, stress dapat disebabkan karena akan menghadapi ujian, dan seterusnya. Mari kita bahas penyebab stress tersebut secara lebih rinci.

1. Stress Karena Kondisi Keuangan / Ekonomi

Tidak dapat dipungkiri lagi, kondisi keuangan atau kondisi ekonomi dapat menyebabkan stress. Kita telah melihat banyak kasus kriminal yang motifnya berupa kondisi keuangan yang morat-marit. Sudah tidak perlu dijelaskan lagi, kasus kriminal pembunuhan, pencurian, mutilasi, banyak yang terjadi karena faktor ekonomi.

Stress juga dapat terjadi akibat faktor ekonomi. Penduduk Indonesia memang masih banyak yang berada di bawah garis kemiskinan, bahkan sangat jauh di bawah garis kemiskinan. Maka tidak aneh jika kondisi keuangan dapat membuat seseorang menjadi stress karenanya.

Memang benar bahwa tidak semua orang yang kondisi ekonominya pas-pas akan berujung pada stress. Masih banyak orang-orang yang hidupnya sederhana namun masih tetap mampu bertahan dan tidak mengalami stress berlebihan yang dapat menyebabkan penyakit dan hal negatif lainnya.

Meskipun begitu, kondisi keuangan merupakan salah satu penyebab stress yang perlu digaris-bawahi, mengingat sistem pemerintahan dan pengelolaan ekonomi negara kita jug amasih jauh dari kata "pas/cukup".

2. Stress Ketika Akan Menghadapi Ujian

Tipe atau gejala stress yang satu ini memang unik, yakni kita merasa mual, gemetaran, serta tangan menjadi basah. Tentu kita pernah mengalami ketika akan menghadapi suatu ujian, baik itu ujian tes sekolah, ujian akhir sekolah atau UAS, maupun ujian masuk kerja, kita akan mengalami suatu perasaan panik dengan gejala yang telah disebutkan di atas.



Adalah hal yang wajar jika kita merasa stress ketika akan menghadapi ujian. Akan tetapi gejala seperti ini juga jangan diremehkan. Stress pra-ujian semacam itu juga akan dapat menimbulkan dampak yang tidak kita inginkan. Misalnya, kita akan menjadi susah fokus dan kehilangan konsentrasi ketika melaksanakan ujian. Dan tentunya akan berdampak buruk pada hasil ujian.

3. Stress Karena Cinta

Apa? stress karena cinta? picisan banget sih. Eits, jangan meremehkan penyebab stress karena cinta ini. Pembunuhan dan tindak kriminalitas lainnya dapat terjadi karena cinta. Begitupun halnya dengan stress. Stress dapat disebabkan karena cinta.

Stress karena cinta bukan sekadar perkara remeh temeh anak alay. Tapi stress ini juga dapat terjadi pada pasangan yang sudah berumah tangga. Bahkan stress karena cinta bukan melulu berkaitan dengan cinta terhadap pasangan atau kekasih. Cinta juga dapat berupa cinta terhadap hewan peliharaan.

Kita akan merasa stress jika hewan peliharaan kita mati, atau misalnya jika barang kesukaan kita, atau benda yang kita cintai rusak atau hilang. Namun stress nya tentu tidak akan sebesar stress karena cinta yang berkaitan dengan pasangan hidup.

4. Stress Karena Tekanan Kerja

Bagi yang sudah bekerja, pasti mengalami hal ini. Tuntutan pekerjaan yang semakin hari terasa semakin berat dan menjemukan juga dapat berujung stress. Apalagi yang kerja berangkat pagi dan pulang petang. Ditambah lagi jika kita bekerja di lingkungan yang sumpek dan macet. 


CARA MENGHILANGKAN STRESS

Di atas telah dijelaskan penyebab stress yang umumnya kita jumpai di masyarakat kita. Nah jika kita sudah bisa mengenali dari mana penyebab stress yang kita alami, kemungkinan besar kita pun akan mampu menangani stress yang sedang melanda pikiran kita.

Di bawah ini kita akan melihat bagaimana cara menghilangkan stress secara alami tanpa memakai bantuan obat penenang.

1. Tarik nafas yang dalam

Cara ini adalah cara tercepat menghilangkan stress. Sebenarnya cara ini bukan merupakan cara langsung menghilangkan stress seketika. Akan tetapi dengan mempraktekkan cara ini pikiran kita akan terasa lebih tenang. Dan selanjutnya kita akan mampu melihat titik permasalahan dengan pikiran yang lebih jernih.

tips: ketika anda merasa panik atau pikiran anda dipenuhi oleh beban yang terasa memberatkan, tariklah nafas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan. Anda akan merasa lebih tenang !

2. Jalan kaki

Dalam kehidupan yang berjalan serba cepat dan makin dinamis ini, kita seringkali harus menyesuaikan juga. Sampai-sampai kita melupakan betapa pentingnya jalan kaki. Kapan terakhir kali anda jalan kaki yang cukup jauh?



Cobalah untuk berjalan kaki dengan jarak tempuh yang cukup jauh, minimal seminggu sekali agar otot-otot serta syaraf kita menjadi rileks kembali. Usahakan juga untuk melakukan hal tersebut di pagi hari. Kalau bisa cari tempat-tempat yang asri dan banyak pohonnya.

Dengan berjalan kaki, selain otot kita menjadi rileks, pikiran kita juga akan menjadi tenang. Tidak jarang banyak orang mendapatkan inspirasi ketika jalan kaki. Contohnya adalah sang ilmuwan jenius Einstein. Dikala pikirannya sedang kalut, Einstein selalu menyempatkan berjalan kaki. Selain sebagai sarana rileksasi, inspirasi-inspirasi besar Einstein juga dihasilkan ketika ia sedang berjalan kaki.

3. Tertawalah (sebelum tertawa itu dilarang)

Masih ingat kan semboyan di atas? grup lawak Warkop DKI (dono, kasino, indro) mempopulerkan semboyan tersebut. Dan memang benar sekali, kita harus tertawa sebelum tertawa itu di larang (sepertinya sih tidak akan dilarang, kecuali tertawa saat sedang beribadah). Stress diakibatkan oleh kondisi pikiran yang sedang mumet dilanda permasalahan. Nah tertawa adalah penanganan yang baik atas kondisi stress yang kita hadapi.



Bagaimana cara tertawa? apakah kita harus memaksakan tertawa begitu saja? tentu tidak begitu caranya. Anda dapat melihat film-film lucu seperti kartun tom & jerry, atau anda juga dapat menonton stand up comedy. Selain itu, and juga dapat mencari bahan bacaan cerita-cerita lucu yang dapat menghibur anda.

4. Mendengarkan musik

Sudah sangat banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa mendengarkan musik dapat menjadi salah satu cara mengatasi stress yang ampuh. Dengan mendengarkan musik maka pikiran kita akan menjadi lebih tenang, dan kita dapat melepaskan penat yang kita rasakan.

Jenis musik penghilang stress itu seperti apa? Well, anda dapat mendengarkan musik aliran atau genre apa saja, tergantung selera anda. Jika anda senang mendengarkan musik klasik maka nikmatilah musik klasik ketika anda sedang merasa stress atau tertekan. Musik klasik memiliki irama dan nada yang baik untuk menghilangkan stress.

Jika anda menyukai musik rock, maka dengarkanlah musik rock. Musik rock terkenal dengan hentakannya yang seolah membawa kita untuk mengempaskan dan membuang jauh jauh energi negatif yang ada dalam diri kita.

Jika anda menyukai musik dangdut, dengarkanlah musik dangdut. Sekalipun lirik dalam musik dangdut berkisah tentang perpisahan atau kehilangan, namun birama musik dangdut akan membawa kita untuk ikut bergoyang dan hanyut di dalam alunan irama musiknya.

Jadi apapun selera musik anda tidak jadi masalah, dengarkanlah musik kesukaan anda sebagai salah satu cara menghilangkan stress yang sedang anda alami.

5. Pijat

Stress yang disebabkan oleh pikiran anda tidak hanya menyerang perasaan anda, namun tubuh juga kena imbasnya. Untuk itu cara menghilangkan stress dengan pijat patut anda pertimbangkan.

Dengan melakukan pijat, aliran darah anda akan menjadi lebih lancar, dan kualitas tidur anda juga akan menjadi lebih baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemijatan dapat memicu perubahan biokimia dalam tubuh secara positif, sehingga mampu mengatasi stress.



Bahkan, hormon pemicu stress dapat berkurang hingga 53% jika kita melakukan pemijatan pada bagian-bagian penting di area tubuh kita. 

tips: pijatlah sekitar area perut dan tulang dada. Selain itu, area pemijatan yang ampuh untuk mengurangi stress adalah pada area sekitar dekat alis dan telapak kaki serta telapak tangan.
6. Jangan lupakan hobi anda

Setiap orang tentunya memiliki paling tidak satu jenis hobi yang disukai. Nah cobalah untuk kembali melakukan aktivitas hobi tersebut jika selama ini anda meninggalkannya karena kesibukan kerja atau kesibukan-kesibukan lainnya.

Dengan kembali menghidupkan atau melakukan hobi, kita akan mendapatkan kesenangan tersendiri. Dan hobi adalah salah satu cara menghilangkan stress yang ampuh 

7. Sosialisasi / Silaturahmi

Manusia adalah makhluk sosial yang pada dasarnya bersifat komunal. Maka tidak heran jika semua agama memberikan perhatian kepada hubungan atau relasi antar sesama manusia. Sosialiasi dapat menjadi salah satu solusi atau cara yang baik untuk menghilangkan stress.



Dengan silaturahmi, kita bisa bertemu dengan orang lain sehingga kita dapat setidaknya bernengkerama atau menceritakan beban kita kepada orang lain. Dengan bercerita, beban kita akan berkurang. Selain itu, dengan rajin mengunjungi saudara dan kerabat, kita akan semakin mudah meminta pertolongan mereka jika sewaktu-waktu kita membutuhkan pertolongan, dan tidak dicap sebagai orang yang hanya datang jika ada maunya saja.

8. Makanan sehat

"Kau adalah apa yang kau makan". Pepatah tersebut sangat benar, bahwa keadaan diri individu, baik mental maupun fisik sangat tergantung dari apa yang ia makan. Nah jika selama ini anda selalu merasa terdapat beban yang berat di pundak anda. Maka cobalah untuk melihat pola makan anda selama ini, cobalah untuk melihat makanan apa saja yang anda konsumsi selama ini.

Makanan instan, junkfood, sangat tidak baik untuk tubuh dan berpengaruh juga pada kondisi mental kita. Makanan yang baik adalah makanan yang alami dan memiliki banyak asupan vitamin.



Cara menghilangkan stress dengan makanan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, magnesium, serta vitamin B dan C. Kandungan nutrisi tersebut dapat kita dapatkan pada buah-buahan seperti jeruk, pisang, dan juga pada ikan sarden dan susu.

9. Positive thinking

Stress pikiran adalah akibat dari banyaknya beban yang ditimpakan pada pikiran kita, yang membuat pikiran kita menjadi kabur. Nah usahakanlah untuk selalu berfikir positif pada apapun yang terjadi, selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian yang kita alami.

Berusahalah untuk tetap melihat titik terang dari sebuah kejadian. Akan ada hikmah yang kita dapatkan dari setiap peristiwa yang menimpa hidup kita.

10. Ibadah

Cara ini adalah cara paling ampuh mengatasi stress. Kemana lagi kita akan mengadu dan menceritakan keluh kesah kehidupan nasib kita selain kepada sang pencipta dan pemilik kehidupan ini.

Jangan pernah tinggalkan ritual ibadah anda, sesibuk apapun anda, tetaplah menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Kita akan merasa tentram dengan beribadah, dan semua cara menghilangkan stress di atas hanya akan sempurna jika dibarengi dengan ibadah. 



Percayalah bahwa Tuhan telah mempersiapkan hal-hal baik bagi kita. Filsafat jawa mengatakan "Gusti Ora Sare"

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara menghilangkan stress yang dapat kami bagikan. Jika ada yang masih ingin ditanyakan, silakan bertanya atau berikan pendapat di kolom komentar ya.

Sekiranya artikel mengenai cara menghilangkan stress ini bermanfaat, silakan dishare :)

Artikel lainnya yang mungkin bermanfaat : Tips Menjaga Kesehatan Mata




arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.