Breaking News
recent

Artikel Motivasi Untuk Yang Sering Merasa Kesepian


Redaksi Digital (19/7/2016). Apakah kamu seringkali merasa kesepian? cobalah luangkan waktumu sejenak untuk membaca artikel motivasi untuk yang merasa kesepian berikut ini. Kesepian bukanlah suatu hal yang diinginkan dalam hidup ini. Seringkali kita merasa kesepian jika ditinggal kekasih, kesepian jika ditinggal orangtua maupun sahabat. Akan tetapi, faktanya kita juga pernah mengalami kesepian walaupun kita tidak ditinggalkan oleh siapapun.

Penyebab kesepian atau faktor kesepian dapat berupa banyak hal seperti yang telah disebutkan di atas. Secara psikologis, memang merupakan hal yang lumrah ketika kita merasa kesepian disaat jauh dari orang-orang yang dicintai. Dalam ilmu psikologi terdapat istilah yang disebut dengan nama attachment figure, atau figur lekat.

Figur lekat adalah orang-orang yang dekat dengan kita dan menjadi bagian dalam kehidupan kita. Nah, ketika jauh atau bahkan berpisah dengan figur lekat, secara otomatis kita akan merasa kehilangan karena ada bagian dari diri kita yang ikut hilang, sehingga muncullah perasaan kesepian.

Perasaan kesepian tentu saja merupakan hal yang tidak menyenangkan. Banyak kasus negatif yang terjadi dikarenakan seseorang merasakan kesepian. Kesepian dapat membuat individu mencari pelampiasan seperti meminum minuman keras, mengkonsumsi narkoba, bahkan tak jarang terjadi peristiwa bunuh diri.

Memang benar bahwa perasaan kesepian sangat tidak menyenangkan. Akan tetapi, kita tidak boleh terbawa arus dan kalah dengan perasaan kesepian kita. Tentu saja kita harus melawan perasaan tersebut dengan cara yang positif.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan perasaan kesepian. Well, sebenarnya perasaan kesepian tidak dapat hilang begitu saja. Perasaan kesepian dapat datang kapan saja. Namun, kita dapat meminimalisirnya sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di masa depan.

Salah satu cara mengurangi perasaan kesepian adalah dengan rajin beribadah.

Rajin beribadah akan membuat kita merasa tentram. Karena dengan rajin beribadah, kita akan merasa bahwa segala kejadian perkara yang terjadi dalam kehidupan kita sudah berada pada garis yang telah ditentukan oleh-Nya. Dengan demikian kita akan merasa lebih tentram dan rileks.

Jika pikiran kita sudah tenang, maka kita akan dapat melihat segala sesuatunya dengan lebih jelas. Sehingga perasaan kesepian kita juga otomatis akan berkurang.

Selain beribadah, olahraga juga merupakan salah satu cara mengatasi kesepian yang cukup ampuh. Di saat kita merasa kesepian, pikiran kita dipenuhi berbagai macam hal. Hal tersebut membuat otak kita semakin tegang. Nah, dengan melakukan olahraga maka otak kita akan kembali menjadi rileks.

Olahraga yang dapat dilakukan tidak hanya berupa olahraga berat seperti fitness atau olahraga berat lainnya. Kita pun dapat melakukan olahraga atau aktivitas ringan dan bermanfaat seperti mencuci baju, membersihkan kamar, membersihkan sepatu atau perabot rumah lainnya.

Olahraga memang terbukti ampuh sebagai obat kesehatan mental. Namun tentu aktivitas terbaik untuk mengurangi rasa kesepian adalah dengan bersosialisasi.

Dengan melakukan sosialisasi, atau silaturahmi kepada kerabat, bukan berarti kita seolah menutup mata dan ingin melupakan perasaan kesepian kita. Akan tetapi, dengan silaturahmi mengunjungi kerabat saudara, kita akan dapat berbagi keluh kesah dengan mereka.

Sekalipun mereka tidak memberikan solusi, namun beban di pikiran kita akan berkurang dengan bersilaturahmi.

Akhir kata, jika kita memang ingin terbebas dari perasaan kesepian yang begitu mendalam dan pedih, kita harus lebih mengenali lagi akar atau muara asal dari perasaan kesepian tersebut. Dengan begitu, kita akan mampu menaklukkan perasaan kesepian yang melanda diri kita.

Sekian artikel motivasi tentang kesepian yang dapat kami sajikan. Silakan share jika memang bermanfaat.

-Arya Iranda S.Psi, M.A-

arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.