Breaking News
recent

Toilet Untuk Transgender, Jadi Mereka Wanita atau Pria?

Redaksi Digital (22/6/2016). Baru-baru ini di Amerika Serikat sedang muncul isu hangat mengenai toilet untuk transgender.

Isu ini menyebar hingga akhirnya beberapa negara bagian melihat isu ini menjadi serius dan bahkan di South Dakota akan ditandangani RUU yang menyerukan bahwa transgender dilarang keras memasuki kamar mandi yang bukan diperuntukkan bagi jenis kelaminnya yang asli. Misalnya, seorang transgender berjenis kelamin pria dilarang masuk ke dalam toilet wanita, begitu juga sebaliknya.

Lihat, betapa di Amerika sekalipun isu transgender dan LGBT masih menjadi perbincangan hangat dan menimbulkan perdebatan tiada henti. Banyak yang mengatakan bahwa Amerika adalah negara liberal yang menganut kebebasan, akan tetapi ternyata isu transgender dan LGBT masih saja menjadi perdebatan di sana.

Bagaimana Halnya dengan Di Indonesia?

Tentu, jika di Amerika yang konon sangat liberal itu isu LGBT masih menjadi area abu-abu, maka di Indonesia lebih abu-abu lagi. Menurut pandangan saya, isu toilet untuk transgender ini akan semakin kencang berhembus pada tahun tahun mendatang.

Bagaimanapun, Indonesia hanya mengenal dua jenis kelamin yang sah secara hukum, yakni Pria dan Wanita. Selain dari itu, tidak akan ada toilet yang diperuntukkan bagi transgender, kecuali hukum negara ini telah berubah dan mengakui adanya jenis kelamin ketiga (?).

Lagipula, jika memang toilet untuk transgender ini diperlukan, bukannya hal tersebut malah menjadi bukti bahwa sesungguhnya para transgender tidak mengakui keinginan mereka untuk berpindah gender? ataukah memang yang mereka inginkan adalah pengakuan atas adanya gender ketiga? entahlah.

Saya pribadi sebagai penulis di blog ini, tidak terlalu menghiraukan isu toilet untuk transgender tersebut. Namun tentu jika toilet seperti itu memang benar-benar ada, tentu akan sangat berbahaya bagi privasi ketika berada di kamar mandi atau toilet. Sekali lagi, entahlah...


arman rozika

arman rozika

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.